Tahun Ini BPKB Eletronik Mulai Berlaku

BPKB.
BPKB.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA Otomotif – Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan dokumen wajib yang dipunya setiap pemilik kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Dokumen ini dibuat oleh pihak berwenang yaitu Satuan Lalu Lintas Polri (Satlantas).

Kabar terbaru, dokumen penting tersebut saat ini sudah dibekali ekosistem teknologi yang isinya chip, arsip digital dan aplikasi. kehadiran teknologi itu berfungsi menyimpan data kendaraan hingga memudahkan akses.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah mulai menerapkan kebijakan BPKB menjadi elektronik. Kebijakan ini sudah berlaku di tahun ini, tepatnya mulai 1 Januari 2023.

Kasubdit BPKB Korlantas Polri, Kombes Pol Indra Darmawan.

Kasubdit BPKB Korlantas Polri, Kombes Pol Indra Darmawan.

Photo :
  • Korlantas Polri

"BPKB elektronik ini sudah mulai berlaku di tahun ini. Namun kami harus melihat terlebih dahulu, karena sekarang baru tahap proses," ujar Yusri, dikutip VIVA dari laman resmi Polri, Jum'at 6 Januari 2023.

Dalam bentuknya, dokumen yang diperbarui ini akan sama seperti paspor konvensional. Namun, pembedanya hanya terdapat logo chip pada sampul paspor elektronik yang menunjukkan keberadaan perangkat tersebut.

"Seperti chip pada paspor. Kami bisa tahu isinya itu dokumen apa yang ada di situ, yang punya siapa, alamatnya di mana, pernah ke luar negeri, pernah ke mana,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title