Lewat di 25 Jalan di Jakarta Ini Nantinya Harus Bayar

Kendaraan melintas di bawah alat electronic road pricing (ERP) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta
Kendaraan melintas di bawah alat electronic road pricing (ERP) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Otomotif – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya mencari cara untuk bisa mengurai kemacetan, yang saat ini kondisinya sudah semakin parah. Antrean kendaraan setiap hari bisa ditemui, dan itu terjadi di pagi hingga malam hari.

Sistem berbasis ganjil genap yang saat ini diterapkan, dikabarkan bakal diganti dengan pengendalian lalu lintas berbasis elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP).

Pada sistem ERP, pengguna kendaraan yang melintas diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya. Syarat itu rencananya akan diberlakukan di beberapa lokasi, yang rawan kemacetan.

Konsep ERP sendiri sebenarnya sudah mulai dibahas oleh Pemprov DKI beberapa tahun lalu, namun sampai saat ini statusnya masih dalam pembahasan.

Dari salinan draf Rancangan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik yang diterima VIVA, dikutip Selasa 10 Januari 2023, pada pasal 10 disebutkan bahwa jika nanti diterapkan maka sistem ERP akan diberlakukan setiap hari dimulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Jenis kendaraan yang diwajibkan untuk membayar apabila hendak melewati jalur ERP, pada pasal 11 dikatakan semua kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor (kecuali alat berat), serta kendaraan tertentu yang menggunakan penggerak motor listrik.

Halaman Selanjutnya
img_title