Bocoran Insentif Pemerintah, Mobil Listrik Rp80 Juta dan Hybrid Rp40 Juta

SPKLU Mobil Listrik
SPKLU Mobil Listrik
Sumber :

VIVA Otomotif – Belum lama ini, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang mengatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan kebijakan baru terkait percepatan peralihan dari kendaraan bermesin konvensional ke model listrik.

Kebijakan yang dimaksud adalah rencana pemerintah, untuk memberikan insentif khusus pada masyarakat yang membeli mobil listrik maupun mobil hybrid.

Upaya itu sebelumnya sudah diterapkan di banyak negara lain, dan sukses membuat warganya tertarik untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

“Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi, menghitung untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan motor listrik,” ujarnya dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Kamis 15 Desember 2022.

Menperin menuturkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan insentif tersebut. Salah satunya, terkait dengan lokasi produksi dari mobil listrik dan mobil hybrid tersebut.

“Insentif akan diberikan kepada pembeli, yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” tuturnya.

Menurut Menperin, pemerintah belajar dari negara lain yang sudah berhasil melakukan percepatan penggunaan kendaraan elektrifikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title