Tes Uji Tabrak Diperbarui, Banyak Mobil SUV Dapat Skor Rendah

VIVA Otomotif: Ilustrasi uji tabrak mobil
VIVA Otomotif: Ilustrasi uji tabrak mobil
Sumber :
  • Dok: IIHS

VIVA Otomotif – SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang memiliki kekuatan, dan kapasitas mesin disesuaikan dengan kebutuhan sebagai mobil sport. Saat ini jenis tersebut tengah naik daun di pasar otomotif.

Banyak dari pabrik mobil yang mulai mengembangkan jenis SUV untuk dipasarkan ke konsumen. Namun, perlu diketahui sebelum produk (mobil) dijual, kebanyakan produsen melakukan pengujian, salah satunya uji tabrak.

Ujian ini penting dilakukan dengan tujuan untuk menguji faktor keselamatan mobil baru. Ada beberapa tes tabrak yang akan dilakukan oleh sebuah mobil, tes tabrak depan, tes tabrak samping, tes benturan kepala pengendara, tes tabrak pejalan kaki.

VIVA Otomotif: Ilustrasi uji tabrak mobil

VIVA Otomotif: Ilustrasi uji tabrak mobil

Photo :
  • Dok: IIHS

Dikutip VIVA dari JapanToday, Kamis 15 Desember 2022, sebagai besar mobil jenis SUV mendapat skor rendah dalam uji tabrak, menurut industri asuransi. Hal itu dikarenakan ujian ini telah ditingkatkan yang memfokuskan pada keselamatan penumpang kursi belakang.

Adanya pembaruan tersebut, membuat sejumlah pabrikan harus meneliti ulang agar bisa lolos tahap uji tabrak baru ini. Apabila mobil sukses menjalani tahap ujian ini, barulah kendaraan bisa dijual ke pasar otomotif baik global maupun domestik.

Presiden Insurance Institute for Highway Safety, David Harkey mengatakan mengapa pihaknya mengubah ujian ini karena struktur mobil SUV hanya menyematkan sabuk pengaman dan airbag untuk penumpang kursi depan daripada penumpang belakang. 

Halaman Selanjutnya
img_title