Deretan Mobil Hybrid yang Berpeluang dapat Subsidi Rp40 Juta

All New Kijang Innova Zenix Hybrid
All New Kijang Innova Zenix Hybrid
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Pemerintah berencana untuk memberikan subsidi kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat yang ingin membelinya. Hal itu dilakukan untuk mendorong penjualan kendaraan jenis tersebut di Indonesia.

Rencana ini diungkap oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Dirinya mengatakan, bahwa pemerintah sedang menyiapkan rencana ini untuk memberikan insentif khusus pada masyarakat yang membeli kendaraan ramah lingkungan.

"Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik, dan mobil hybrid akan diberikan insentif sekitar Rp40 juta," ujarnya dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Photo :
  • Dok: Kemenperin

Saat ini memang tengah populer mobil jenis hybrid di industri otomotif Indonesia. Pasalnya, banyak para pabrikan yang mulai memperkenalkan sekaligus menjual kendaraan roda empat jenis tersebut ke konsumen Tanah Air.

Masih dalam perencanaan, Agus memberitahu bahwa ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk kendaraan yang mendapatkan subsidi ini. Salah satunya mobil harus diproduksi secara lokal.

"Insentif akan diberikan kepada pembeli, yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title