Tanggapan Produsen Mobil Mewah Terkait Rencana Subsidi Kendaraan Listrik

Logo Mercedes-Benz
Logo Mercedes-Benz
Sumber :
  • Daimler

VIVA Otomotif – Saat ini pemerintah berencana untuk memberikan subsidi kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat yang ingin membelinya. Hal itu dilakukan untuk mendorong penjualan kendaraan jenis tersebut.

Adanya bantuan tersebut, nantinya kendaraan elektifikasi di Tanah Air akan mendapatkan potongan harga. Untuk mobil full listrik diperkirakan Rp80 juta, kemudian mobil hybrid Rp40 juta, sementara motor listrik Rp8 juta, dan untuk motor konversi Rp5 juta.

Masih dalam rencana, salah satu perusahaan otomotif ternama Mercedes-Benz ikut menanggapi kebijakan tersebut. Diketahui, mereka baru saja memperkenalkan produk mobil listrik ke konsumen Tanah Air.

Peresmian Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia

Peresmian Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Deputy Director Sales Operation and Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan pihaknya turut senang adanya gagasan pemerintah dengan subsidi tersebut. Hal itu jelas menjadi dorongan untuk penjualan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

"Adanya rencana subsidi kendaraan listrik itu tentu akan menjadi salah satu dorongan bagi pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Namun kembali lagi untuk mobil listrik itu kan terdiri dari segmen konsumen, ada yang dapat dan tidak," ujar Kariyanto di Jakarta Selatan, dikutip Minggu 18 Desember 2022.

Lebih lanjut, dirinya memberitahu bahwa rencana ini sebenarnya sudah diterapkan di berbagai negara, dan kebanyakan dari mereka berhasil beralih masyarakat menggunakan mobilitas kendaraan listrik.

Halaman Selanjutnya
img_title