Mobil Buatan Lokal Ini Tahun Lalu Laku Puluhan Ribu Unit

New Suzuki Carry Pick Up
New Suzuki Carry Pick Up
Sumber :
  • Suzuki Indonesia

VIVA Otomotif – Mobil yang diproduksi secara lokal oleh berbagai merek otomotif, berkontribusi sangat besar pada angka penjualan kendaraan di Indonesia sepanjang 2022. Hal ini membuktikan, bahwa industri kendaraan di Tanah Air sudah mulai pulih dari penurunan akibat pandemi.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, pasar otomotif nasional periode tahun lalu ditutup dengan kenaikan angka penjualan sebesar 18,1 persen, yakni dari 887.202 unit menjadi 1.048.040 unit secara whole sales atau dari pabrik ke diler.

Sementara untuk penjualan secara retail sales atau dari diler ke konsumen, angkanya juga meningkat 17,4 persen dari 863.348 unit di 2021 menjadi 1.013.582 unit di 2022.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 52 ribuan unit berasal dari mobil niaga rakitan lokal yaitu Suzuki Carry Pick Up Model ini sepanjang tahun lalu terjual ke konsumen dan memimpin pangsa pasar mini pick up dengan angka 52 persen.

New Suzuki Carry Pick Up

New Suzuki Carry Pick Up

Photo :
  • Istimewa

Model kendaraan penumpang Suzuki XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif, dengan angka 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen selama 2022.

Selanjutnya, kontributor utama ketiga penjualan Suzuki di Indonesia sepanjang tahun lalu adalah All New Ertiga yang kini hadir dalam versi mesin bensin serta gabungan dengan motor listrik alias hybrid.

Halaman Selanjutnya
img_title