Orang Indonesia Beli Mobil Listrik tapi Jarang Dicas

Stasiun pengecasan mobil listrik.
Stasiun pengecasan mobil listrik.
Sumber :
  • autoexpress

VIVA Otomotif – Salah satu tren yang sedang terjadi di dunia otomotif dalam negeri saat ini, yaitu kehadiran mobil listrik yang minim atau bahkan tidak menghasilkan polusi. Beberapa pabrikan mulai fokus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan itu, dan berlomba-lomba menawarkan beragam fasilitas serta promo pada calon konsumen.

Pengembangan kendaraan elektrifikasi itu semakin intensif, berkat dorongan dari pemerintah yang memberi kemudahan pada produsen dalam bentuk insentif. Di antaranya berupa PPnBM nol persen, pajak daerah maksimum 10 persen, uang muka minimum nol persen, serta tingkat bunga yang rendah.

Insentif tersebut merupakan satu paket kebijakan dengan kebijakan KBLBB, sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 di mana pemerintah menargetkan pada 2035 ada satu juta kendaraan listrik roda empat atau lebih dan 3,22 juta kendaraan listrik roda dua beredar di Tanah Air.

Ilustrasi mobil listrik

Ilustrasi mobil listrik

Photo :
  • Paultan

Pemerintah juga telah menetapkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle sebagai kendaraan dinas, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan mobil listrik berbasis baterai pada tahun lalu mencapai 10 ribu unit.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Wuling Air ev untuk acara KTT G20

VIVA Otomotif: Mobil listrik Wuling Air ev untuk acara KTT G20

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
Halaman Selanjutnya
img_title