Ini Tarif Resmi Pembuatan SIM C1 untuk Moge

Surat Izin Mengemudi atau SIM C
Surat Izin Mengemudi atau SIM C
Sumber :

VIVA Otomotif – Rencana Polri untuk menerbitkan Surat Izin Mengemudi atau SIM khusus untuk sepeda motor yang kapasitasnya di atas 250cc, dikabarkan akan diterapkan dalam waktu dekat.

Melalui Peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, nantinya golongan SIM C akan dibagi kembali menjadi tiga kategori, yakni SIM C biasa, SIM C1 dan SIM C2.

Pada Pasal 3 ayat 2 butir (e) bahwa SIM C hanya berlaku untuk mengendarai motor dengan kapasitas mesin sampai 250cc. Jika ingin mengendarai motor dengan kapasitas mesin 201cc hingga 500cc, maka harus memiliki SIM C1.

Beberapa waktu lalu, Korps Lalu Lintas Polri diketahui sudah menerima ratusan motor gede atau moge Hunter Scrambler SK500 yang bakal dipakai untuk ujian praktik pembuatan SIM C1.

VIVA Otomotif: Moge Hunter Scrambler SK500

VIVA Otomotif: Moge Hunter Scrambler SK500

Photo :
  • Dok: Hunter Motorcycles

Kuda besi ini dibekali mesin dua silinder berkapasitas 471cc, yang dapat menghasilkan tenaga 49 daya kuda serta torsi maksimum 44 Newton meter.

Lantas, bagaimana dengan biaya pembuatan serta perpanjangan SIM C1 tersebut? Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa tidak ada perbedaan Penerimaan Negara Bukan Pajak untuk semua golongan SIM C.

Halaman Selanjutnya
img_title