Sebelum Liburan Akhir Tahun, Rawat Komponen Ini Bikin Kendaraan Irit BBM

VIVA Otomotif: Ilustrasi pengecekan mobil bekas
VIVA Otomotif: Ilustrasi pengecekan mobil bekas
Sumber :
  • Dok: Otospector

VIVA Otomotif – Sebelum melakukan perjalanan libur akhir tahun 2022, penting bagi pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil harus mempersiapkan kondisi komponen.

Perlu diketahui, pemerintah tengah menaikan kembali harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi Pertamina resmi dinaikkan di bulan ini. Salah satu BBM yang mengalami kenaikan adalah Pertamax Turbo dari sebelumnya Rp 14.300 per liter menjadi Rp 15.200 per liter.

Adanya kenaikan tersebut, membuat banyak pemilik kendaraan, khususnya yang menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat. Salah satu yang bisa ditempuh untuk mengatasi ini adalah merawat komponen kendaraan.

Ilustrasi mengecek busi mobil

Ilustrasi mengecek busi mobil

Photo :
  • dok. NGK busi

Ada beberapa komponen penting jika dirawat bisa menghemat bahan bakar. Lantas, apa saja? Dikutip VIVA dari berbagai sumber, Rabu 14 Desember 2022. ada tiga komponen wajib yang perlu rutin mendapat perhatian ekstra dari para pemiliknya.

Ketiga komponen ini berkaitan dengan sistem pembakaran pada kendaraan seperti, busi, saringan udara, dan saringan bahan bakar. Komponen-komponen tersebut harus dalam kondisi prima lantaran bisa irit bahan bakar.

Seperti busi harus mampu memercikkan bunga api yang baik. Sedangkan saringan udara maupun saringan bahan bakar harus sering-sering dibersihkan. Jika tidak dirawat, maka bisa memyebabkan sebaliknya yaitu bahan bakar menjadi boros.

Halaman Selanjutnya
img_title