Begini Cara Mudah Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Ilustrasi memeriksa mesin mobil
Ilustrasi memeriksa mesin mobil
Sumber :
  • Carsome

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik mobil penting untuk memperhatikan penampilan kendaraanya. Dalam hal ini tidak hanya dari sisi luar (eksterior) saja, tetapi juga bagian dalam penting untuk diperhatikan.

Pada bagian mesin biasanya kerap timbul kotoran dari debu hingga kuman yang diakibatkan kurang perawatan. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran yang tadinya hanya berada di luar saja, bisa masuk ke dalam.

Oleh karena itu, membersihkan ruang mesin mobil harus dilakukan secara berkala. Lantas, bagaimana cara mudahnya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Senin 19 September 2022, ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti untuk membersihkan bagian tersebut.

Ilustrasi mesin mobil.

Ilustrasi mesin mobil.

Photo :
  • Dok: Sokoindo Automobile

Namun, sebelum itu pemilik harus menyiapkan bahan seperti sikat, kuas, beberapa kain lap, engine degreaser, dan cairan pembersih khusus ruang mesin. Jika sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, langkah pertama dengan memastikan mesin benar dingin.

Setelah itu, bersihkan yang ringan terlebih dahulu, bisa memulai dengan debu dan kontoran yang menempel menggunakan kuas. Tidak perlu menggunakan air karena hanya membersihkan kotoran yang ringan.

Jika di rasa sudah bersih, mulai membersihkan bagian komponen-komponen penting di antaranya aki, kap mesin, dan bagian lainnya. Lakukan secara bertahap dengan benar, jangan sampai salah supaya tidak mengalami kerusakan.

Halaman Selanjutnya
img_title