Begini Cara Mudah Merawat Kampas Kopling Motor agar Tidak Rusak

Kopling motor hidrolik
Kopling motor hidrolik
Sumber :
  • Adventuremotorcycle

VIVA Otomotif – Kampas kopling merupakan komponen motor yang bekerja sama dengan unit clutch clover untuk meneruskan putaran dari mesin ke input shaft dari transmisi.

Bagi pemilik motor khusus kopling penting untuk merawat komponen tersebut. Pasalnya tidak dirawat dan penggunaanya asal-asalan berpotensi bisa merusak komponen lainnya.

Lantas, bagaimana cara merawatnya? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Selasa 20 Desember 2022, ada beberapa cara dalam merawat kampas kopling. Bahkan langkah ini bisa dilakukan secara pribadi.

Ilustrasi kabel gas dan kopling di sepeda motor

Ilustrasi kabel gas dan kopling di sepeda motor

Photo :
  • Welovehonda

Pertama yang penting dilakukan adalah gaya berkendara. Pemilik harus memperhatikan cara berkendara yang benar. Salah satunya saat stop dan go jaga putaran mesin atau rpm tidak boleh terlalu tinggi.

Jika melakukan hal tersebut, maka bisa mengakibatkan gesekan pada kampas kopling akan semakin besar. Alhasil, komponen bisa cepat rusak dan motor menjadi tidak bertenaga.

Cara selanjutnya yakni perhatikan bagian kopling. Saat mengendarai sepeda motor, apabila ingin mencapai di kecepatan tertentu jangan terlalu sering menahan setengah kopling, karena bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

Halaman Selanjutnya
img_title