Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan Lebat

Berkendara motor di musim hujan
Berkendara motor di musim hujan
Sumber :

VIVA Otomotif – Baru-baru ini Indonesia tengah dihebohkan cuaca ekstrem yang tandai dengan hujan lebat serta angin berkecepatan tinggi. Alhasil, banyak masyarakat yang harus waspada terkait fenomena tersebut, apalagi mobilitas pengguna sepeda motor.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan akan terus meningkat selama sepekan terakhir mulai hari ini, 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Bagi masyarakat yang masih beraktivitas dan mengadalkan motor sebagai tranportasinya, penting untuk berhati-hati. Pasalnya banyak genangan air di jalan dan curah hujan yang dapat megganggu saat berkendara.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengendarainya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, ada beberapa cara yang wajib dilakukan saat mengendarai kendaraan roda dua di musim hujan.

1. Menggunakan Jas Hujan yang Tepat

Jaket dan Jas Hujan

Jaket dan Jas Hujan

Photo :
  • U-Report

Cara pertama yang dilakukan bagi pengendara sepeda motor wajib menggunakan jas hujan ketika hujan turun. Di Indonesia banyak beragam model jas hujan, namun yang direkomendasikan adalah model single.

Pasalnya banyak kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Oleh karena itu memilih jas hujan yang tepat penting dilakukan agar mengendarai motor. dengan nyaman.

Halaman Selanjutnya
img_title