Begini Cara Menyimpan Ban Kendaraan yang Benar Agar Tidak Rusak

Menyimpan ban mobil
Menyimpan ban mobil
Sumber :
  • Wuling Motors

VIVA Otomotif - Umumnya, beberapa pemilik kendaraan memiliki komponen cadangan agar sewaktu-waktu bisa digunakan. Salah satu komponen yang kerap menjadi cadangan adalah ban.

Kehadiran benda tersebut nantinya bisa dipakai apabila ban mobil utama mengalami robek atau pecah. Jika pemilik menyimpan komponen tersebut penting untuk memperhatikannya.

Pasalnya, menyimpan ban cadangan dengan benar bisa membuat awet hingga lima tahun lamanya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Rabu 28 Desember 2022, ada beberapa cara yang tepat untuk menyimpan ban cadangan.

Mekanik Ganti Ban Mobil.

Mekanik Ganti Ban Mobil.

Photo :
  • Goodyear.

Cara pertama adalah pemilihan tempat penyimpanan yang benar. Untuk hal tersebut, disarankan pemilik memilih tempat yang memiliki kelembapan yang cukup. Pastikan pula agar tempat penyimpanannya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Lebih lanjut, pemilik juga harus memperhatikan posisi penyimpanan. Kalau ban yang disimpan tidak memiliki pelek, maka simpanlah ban dalam posisi vertikal dan berjajar. Dengan begitu, ban pun akan tetap kokoh dalam waktu lama.

Sedangkan jika bannya sudah dipasangi pelek, pemilik bisa memasangnya dengan cara ditumpuk. Tapi, jangan sembarangan, agar kualitas bannya tidak menurun. Jadi, rebahkan dulu ban itu ke atas lantai, barulah setelah itu tumpuklah secara perlahan.

Halaman Selanjutnya
img_title