Begini Cara Aman Mengemudi Mobil di Jalan Tol Saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.
Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA Otomotif – Baru-baru ini Indonesia tengah memasuki cuaca ekstrem yang tandai dengan hujan lebat serta angin berkecepatan tinggi. Alhasil, banyak masyarakat yang harus waspada terkait fenomena tersebut, apalagi mobilitas pengguna kendaraan.

Menurut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan akan terus meningkat selama sepekan terakhir mulai hari ini, 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Bagi masyarakat yang masih beraktivitas di luar dan mengandalkan mobil sebagai tranportasinya, penting untuk berhati-hati. Apalagi ingin berpergian jauh, penting untuk memperhatikan jalan terutama pada ruas tol.

Ilustrasi mengendarai mobil.

Ilustrasi mengendarai mobil.

Photo :
  • Dailymail.co.uk

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengemudinya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang wajib dilakukan saat mengendarai kendaraan roda empat di musim hujan.

Cara pertama memperhatikan jalan dan aturan lalu lintas. Pengemudi yang hendak jalan tol harus selalu mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku, kemudian perhatikan juga kecepatan saat menyetir.

Untuk batas kecepatan normal mobil di jalan tol 60 km per jam dan maksimal 100 km per jam. Namun, saat kondisi hujan ekstrem, pengemudi harus menjaga kecepatan kendaraan, yaitu dengan batas maksimal 70 km per jam.

Halaman Selanjutnya
img_title