Pemilik Motor Wajib Tahu, Ini Komponen yang Enggak Boleh Kena Air

Ilustrasi komponen sepeda motor
Ilustrasi komponen sepeda motor
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia mengalami pergantian musim yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Adanya pergantian musim, sebagai pemilik motor penting untuk memperhatikan kendaraan. Diketahui, kendaraan roda dua memiliki banyak komponen yang harus dirawat. Bahkan beberapa komponen tersebut tidak boleh kena air.

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, Jum'at 30 Desember 2022, untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut beberapa komponen pada motor yang tidak boleh terkena oleh air. Sebagai pemilik wajib tahu akan hal tersebut.

Ilustrasi aki motor

Ilustrasi aki motor

Photo :
  • Federal Oil

1. Aki
Aki merupakan salah satu komponen kelistrikan dalam motor. Tentu akan sangat berbahaya apabila bagian ini terpapar dengan air. Hal itu dikarenakan dapat menyebabkan korsleting. 

Apabila pemilik motor ingin membersihkan komponen tersebut cukup dengan mengelapnya saja secara perlahan. Cara ini terbukti jauh lebih aman dibandingkan pemilik menyemprotkan air pada bagian sekitar aki.

2. Busi Motor
Komponen motor yang tak boleh terkena air selanjutnya adalah busi. Meski kondisinya tertutup, busi masih memiliki kemungkinan untuk terkena air saat motor tengah dicuci maupun kehujanan. 

Halaman Selanjutnya
img_title