Setir Mobil Terasa Berat? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi Airbag di setir mobil Acura TLX
Ilustrasi Airbag di setir mobil Acura TLX
Sumber :
  • dok. Honda

VIVA Otomotif – Kemudi atau kerap disebut setir mobil merupakan komponen sangat penting bagi sebuah kendaraan. Pasalnya benda ini berfungsi untuk membantu pengemudi mengendalikan arah, baik itu belokan maupun lurus.

Oleh karena itu, pemilik mobil penting untuk merawatnya agar keselamatan berkendara terjamin. Namun diketahui, salah satu permasalahan yang sering terjadi pada sistem kemudi mobil yakni terasa berat, apalagi jika mobil tersebut sudah cukup tua.

Selain membuat pengendara jadi cepat merasa kelelahan saat harus menyetir banyak tikungan, kemudi yang berat juga bisa menimbulkan bahaya keselamatan. Maka dari itu, pemilik harus mengatasi permasalahan ini.

Mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan.

Mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan.

Photo :
  • www.themotorreport.com

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Rabu 11 Januari 2023, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi permasalahan kemudi terasa berat. Cara ini bisa diterapkan kepada pemilik kendaraan yang mengalami permasalahan tersebut.

Cara pertama yakni periksa tekanan ban. Biasanya komponen tersebut menyebabkan kemudi jadi sulit untuk dibelokkan. Ban mobil yang kurang angin selain bisa membuat kemudi jadi berat, bisa memicu mobil bergetar ketika direm. 

Hal tersebut sangat berbahaya ketika digunakan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi. Untuk mengetahui apakah tekanan angin ban sudah cukup atau kurang tentunya sangat mudah. Pemilik cukup melihat secara fisik komponen tersebut kempis atau tidak.

Halaman Selanjutnya
img_title