Student Athletic Championship Sumut 2022 Terbesar di Indonesia, Diikuti 5.490 Peserta

Student Atletic Championship Indonesia
Student Atletic Championship Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Sebanyak 5.490 peserta dari 400 sekolah di Sumatera Utara mengikuti  Student Athletic Championship (SAC) Sumut 2022. Event ini, berlangsung SAC Sumut 2022 di Stadion Unimed dan menjadi yang terbesar di sembilan regional dengan mengalahkan regional Jawa Timur yang mencatatkan 4.076 peserta.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi berharap ini menjadi tanda provinsi yang dipimpinnya menjadi motor atletik nasional. Salah satu syaratnya, menurut mantan Ketua Umum PSSI itu, dalam pembinaan dan pencarian bibit dari usia sedini mungkin.

“Di tahun 80-an kita pernah jaya di bidang atletik, tetapi semakin kemari semakin menurun, karena kurangnya perhatian masyarakat kita pada cabang ini, dan sekarang SAC Sumut menjadi yang terbesar di 9 regional kompetisi ini. Saya ingin Sumut jadi motor atletik Indonesia,” sebut Gubernur Edy, Sabtu 12 November 2022.

Student Atletic Championship Indonesia

Student Atletic Championship Indonesia

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Gubernur Edy menjelaskan SAC salah satu kompetisi menyaring atlet cabang olahraga (cabor) atletik untuk PON. Sedangkan untuk jangka panjangnya, untuk mencetak atlet-atlet cabor atletik yang berkualitas.

“Jangka pendeknya untuk menyaring atlet jelang PON 2024, saya tidak mau mengambil atlet-atlet dari luar karena saya percaya masyarakat kita mampu, apalagi menggunakan atlet karbitan. Jangka panjangnya, anak-anak SD akan kita saring dan kita latih kita bina untuk menjadi atlet masa depan,” kata Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Ramajaya Saragih.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut, David Luther Lubis mengatakan 9 regional qualifier SAC antara lain Bali-Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumut, DKI Jakarta-Banten, Kalimantan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Membludaknya jumlah peserta SAC Sumut 2022 menurut David karena kerinduan masyarakat akan kompetisi atletik.

Halaman Selanjutnya
img_title