Persaingan Ketat, SAC Indonesia Kualifikasi Jawa Tengah Munculkan 3 Rekor Nasional Baru

SAC Indonesia kualifikasi Jawa Tengah pecahkan 3 rekor nasional
SAC Indonesia kualifikasi Jawa Tengah pecahkan 3 rekor nasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Kompetisi atletik pelajar terbesar nasional kualifikasi Jawa Tengah bertajuk Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Central Java Qualifiers yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, 8-10 Desember 2022, berhasil menciptakan tiga rekor nasional terbaru.

Rekor pertama tercipta dari nomor tolak peluru persaingan putri jenjang SMA yang dicetak Salsyabila Aprilianti dari SMAN 3 Tegal. Dengan tolakan sejauh 10,20 meter, Salsyabila menggusur rekor sebelumnya yang tercatat atas nama Hanna Hany Sormin dari SMAN 104 Jakarta dengan perolehan 8,59 meter.

Pada final nomor lari 1.000 meter (middle distance) yang berlangsung sengit, Sabtu (10/12), lagi-lagi pelajar putri dari Central Java Qualifiers berhasil sukses mempertajam rekor nasional Energen Champion SAC Indonesia 2022. Adalah Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan (Semarang) yang sukses naik podium juara dengan catatan waktu 3 menit 27,03 detik.

Catatan waktu itu berhasil menggeser posisi Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja, Buleleng yang sebelumnya memegang rekor 1.000 meter putri dengan waktu 3 menit 31,13 detik saat tampil pada final Bali-Nusa Tenggara Qualifiers.

Rekor lainnya dicetak oleh skuad dari SMKN 1 Bawang (Banjarnegara) dari persaingan final nomor lari estafe 4x100 meter (relays) putri. Dengan perolehan waktu 54,84 detik. Srikandi sekolah tersebut berhasil menggeser rekor yang dipegang oleh regu putri SMAN 9 Surabaya dengan catatan 56,03 detik yang bersaing pada East Java Qualifiers.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, Fravarta Samad, yang hadir menutup kegiatan Energen Champion SAC Indonesia 2022 – Central Java Qualifiers mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi atletik pelajar yang diadakan Energen Champion yang bekerja sama dengan PB PASI dan DBL Indonesia ini.

”Kegiatan yang luar biasa. Mudah-mudahan dari Energen Champion SAC Indonesia ini kelak memunculkan atlet berprestasi, baik di tingkat kabupaten/kota provinsi hingga tingkat nasional dan internasional. Semoga perwakilan dari Jateng yang akan berangkat ke National Championship di Jakarta bulan Januari nanti mampu memberikan hasil yang terbaik,” ujar Fravarta.

Halaman Selanjutnya
img_title