IPM Papua Naik, Namun Masih Bergerak Lambat

Anak-anak Papua yang merupakan sumber daya manusia Papua di masa depan
Anak-anak Papua yang merupakan sumber daya manusia Papua di masa depan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua naik 0,18 poin dari 60,44 menjadi 60,62. Kenaikan ini menjadi hal yang baik bagi Provinsi Papua. Namun, Papua masih menjadi peringkat terakhir di Indonesia. IPM Papua juga masih berada di level sedang dengan nilai sebesar 60,62.

Hal ini perlu diperhatikan kembali oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat mengingat pembangunan manusia merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian pada RPJMN Tahun 2020-2024.  

Gambaran Dimensi IPM Provinsi Papua

Pembangunan Manusia terdiri dari tiga dimensi dasar yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan hidup layak. Ketiga dimensi tersebut memiliki indikatornya masing-masing. Umur panjang dan sehat diukur dari indikator Angka Harapan Hidup (AHH). Dimensi pengetahuan dari indikator Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS). Sedangkan dimensi standar hidup layak diukur dengan indikator Pendapatan Perkapita Pertahun (PPP).

Indikator AHH pada Provinsi Papua Tahun 2021 sebesar 65,93 tahun. Angka ini naik sebesar 0,14 poin atau sebesar 0,21 persen dibandingkan tahun 2020. Angka ini dapat diartikan bahwa rata-rata bayi yang baru lahir di Provinsi Papua pada tahun 2021 memiliki peluang utuk bertahan hidup sampai 65,93 tahun.

Untuk dimensi pengetahuan, diwakili oleh dua indikator, HLS dan RLS. HLS di Provinsi Papua pada tahun 2021  sebesar 11,11 tahun. Angka ini naik 0,03 poin  atau sebesar 0,27 persen dari tahun 2020 (11,08 tahun). Angka HLS dapat diartikan bahwa secara rata-rata peluang anak usia 7 tahun ke atas yang masuk jenjang pendiidikan formal pada tahun 2021 memiliki peluang untuk bersekolah selama 11,11 tahun atau setara dengan kelas tiga SMA/sederajat.

Indikator kedua dari dimensi pengetahuan yaitu RLS. RLS di Provinsi Papua  Tahun 2021 sebesar 6,76 tahun atau naik sebesar 0,07 tahun dari tahun 2020 (6,69 tahun). Angka ini menunjukkan bahwa rata-rata penduduk di Provinsi Papua yang berusia 25 tahun ke atas menyelesaikan sekolah sampai VII SMP/sederajat.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.