Perubahan Gaya Hidup Masyarakat Multikultural di Era New Normal

Digitalisasi mempermudah mobilisasi pekerjaan dari mana saja.
Digitalisasi mempermudah mobilisasi pekerjaan dari mana saja.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Covid-19 yang terjadi bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia ini telah merubah gaya hidup atau budaya masyarakat khususnya di Indonesia. Aktivitas masyarakat pada awalnya sangat terbatas karena belum terbiasa dengan keadaan, seiring berjalannya waktu banyak perubahan perilaku maupun gaya hidup masyarakat.

Aktivitas di luar rumah pun juga terasa berbeda dengan adanya Protokol Kesehatan dengan mewajibkan penggunaan masker serta menjaga jarak. Dari perubahan gaya hidup itu muncul istilah New Normal yang digaungkan sebagai bentuk adaptasi dari kebiasaan baru ini.

Hal tersebut disambut positif dari berbagai pihak khususnya kaum milenial dalam artian mengiyakan serta menjalankan dengan berbagai improvisasi serta adaptasi di berbagai aspek dalam bentuk digitalisasi, di mana hal ini meningkatkan penggunaan teknologi dalam kehidupan.  Salah satunya sektor pendidikan, di mana terjadi pergeseran metode pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka sekarang menjadi daring menggunakan platform seperti Zoom, Google Meet dan sebagainya.

Namun saat ini di beberapa daerah telah melaksanakan pembelajaran hybrid dengan menggabungkan metode luring dan daring. Sektor Pekerjaan pun juga menerapkan metode yang sama dengan istilah Work From Home (WFH).

Selain itu, pergeseran juga terjadi pada penyelenggaraan event di mana saat ini marak penyelenggaraan dilaksanakan secara virtual atau online seperti webinar, konser virtual, peluncuran produk, bahkan resepsi pernikahan pun dilaksanakan secara Virtual.

Hal ini tentu merupakan adaptasi di masa pandemi, selain itu penyelenggaraan event secara Virtual juga meminimalisir penggunaan biaya yang besar karena tidak perlu menyewa tempat atau membangun panggung. Virtual event juga memiliki jangkauan yang luas untuk menggaet massa karena dapat dihadiri dari mana saja.

Pada Sektor Perdagangan dan Jasa, terjadi peningkatan minat dari masyarakat untuk berbelanja online di e-commerce. Pandemi membuat masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan membuat minat masyarakat terhadap belanja online meningkat.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.