Belajar Mencintai Alam dari Para Petani Kendeng

Dokpri. Kendeng Lestari
Dokpri. Kendeng Lestari
Sumber :
  • vstory

VIVA – Problematika lingkungan saat ini tengah menjadi wacana yang tengah menarik perhatian publik. Khususnya para petani dari Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, yang beberapa waktu lalu konsisten menyuarakan penolakannya terhadap pendirian pabrik semen.

Selama beberapa tahun perjuangan para petani Kendeng ini terus digelorakan. Baik di daerahnya, hingga ke ibu kota Jakarta.

Beberapa kali aksi menolak pabrik semen ini disuarakan hingga di Jakarta, dan bahkan ke mancanegara.

Seperti aksi semen kaki, yang kala itu sangat menyorot perhatian publik. Khususnya ketika alm. Yu Patmi sebagai salah satu peserta aksi, gugur dalam perjuangannya.

Gunretno sebagai pemimpin penolakan ini dikenal sebagai tokoh dari suku Samin, yang konsisten menentang perusakan alam di daerah Pegunungan Kendeng.

Aksi-aksi simpatik bertema lingkungan hidup dan kepedulian terhadap alam kemudian muncul di berbagai kota. Sebagai wujud kepedulian masyarakat, melihat realitas lingkungan hidup saat ini yang dianggap semakin tidak ramah.

Semua berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan, walau hingga kini, keputusan final belum didapatkan oleh masyarakat Kendeng.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.