Sesat Pikir Menjadikan Finlandia Sebagai Kiblat Pendidikan

Sumber : Koleksi buku penulis
Sumber : Koleksi buku penulis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sejak merajai rangking tes PISA di beberapa tahun dan mengalahkan negara-negara Eropa lainnya, pendidikan di Finlandia memang dipuja-puja di dunia. Khusus di Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia menjadikan negara ini sebagai kiblat.

Terlebih Indonesia, entah dengan alasan apa selalu saja merujuk ke Finlandia untuk membandingkan dengan kemajuan pendidikan di Indonesia, padahal masih ada Singapura yang selalu di peringkat satu atau dua dan juga sesama negara ASEAN.

Negara itu terlalu jauh secara geografis dari Indonesia, pun secara demografi hanya memiliki 5,5 juta penduduk yang tentu saja fasiltas pendidikan yang dinikmati warga negaranya sama secara kualitas dan kuantitas.

Di era Covid ini, tidak ada kasus siswa Finlandia yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring dari rumah. Sebaliknya di Indonesia, ada sekolah-sekolah dan daerah-daerah yang belum terjamah internet bahkan belum teraliri listrik.

Banyak siswa yang tidak memiliki HP dan laptop untuk sekadar belajar online. Untuk tenaga pendidik, Finlandia jangan ditanya lagi. Yang boleh jadi guru hanya yang berpendidkan master.setiap kali ada rekrutmen guru hanya 10 persen pelamar  terbaik yang diterima.

Mari menoleh sejenak ke Indonesia. Carut marut masalah guru bagaikan benang kusut. Di perkotaan tenaga guru melimpah, sampai harus bergerilya mencari jam tambahan agar syarat jam serttifikasi terpenuhi. Di lain sisi, di desa-desa bahkan ada sekolah yang tidak memiliki guru tetap.

Finlandia Beda dengan Indonesia

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.