BOP PAUD, Langkah Nyata Revitalisasi Pendidikan

ilustrasi pendidikan, sumber : dokumnetasi pribadi
ilustrasi pendidikan, sumber : dokumnetasi pribadi
Sumber :
  • vstory

VIVA – Setiap bangsa tentu menginginkan tercapainya kemajuan. Kemajuan suatu bangsa bisa diraih dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sedini mungkin, sehingga setiap anak bangsa memiliki kepribadian, berakhlak mulia, serta berwawasan yang luas.

Upaya pembangunan SDM ini adalah langkah jangka panjang yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus. Langkah ini bisa dilalui dengan menyediakan pendidikan bagi setiap anak bangsa sejak usia dini.

Anak usia dini didefinisikan oleh National Association for the Education of Young Children (NAEYC) sebagai anak yang berusia 0 sampai 8 tahun. Sedangkan menurut UU SISDIKNAS, anak usia dini adalah anak yang berusia 0 sampai dengan 6 tahun.

Walaupun ada perbedaan dalam menentukan batas usia yang masuk dalam kategori anak usai dini ini, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan yang ada dalam otak manusia berkembang sebanyak 50 persen pada tahun pertama kehidupan, kemudian berlanjut berkembang 30 persen sampai pada usia 8 tahun, hal ini menunjukkan bahwa perkembangan otak manusia terjadi sangat pesat pada rentan anak usia dini ini sebanyak 80 persen.

Fakta di atas memberikan bukti bahwa masa-masa keemasan anak untuk menyerap segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Sejalan dengan hal yang demikian, Tedjawati melalui penelitiannya menjelaskan bahwa “sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi ketika anak berumur sekitar 18 tahun.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama, sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya.

Periode emas ini merupakan periode kritis bagi anak, di mana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa.”

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.