Jangan Letakan Bola Dunia di Atas Kepalamu

Sumber: I stock
Sumber: I stock
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidak bisa membedakan apa yang bisa dikontrol dengan yang tidak bisa dikontrol. Itulah puncak ketidak bahagian seseorang. Lingkungan sangat menentukan pola pikir. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang dahulunya berpikir rasional, tiba-tiba menjadi toxic karena dipengaruhi oleh pola pergaulan dalam lingkungan tertentu.

Ada satu hal yang menarik, bahwa mereka yang mendapatkan beasiswa keluar negeri adalah orang-orang yang berhasil dan punya kontrol diri yang bagus. Pertanyaan-pertanyaan psikologi yang diajukan, akan mengukur ketahanan mental seseorang menghadapi pola lingkungan yang jauh berbeda dengan Indonesia.

Belajar Hidup saat Dapat Beasiswa

Saya pernah mengalaminya, ketika mendapat beasiswa leadership ke Amerika. Meskipun hanya enam bulan, namun karena saya harus berinteraksi 24 jam dengan peserta dari negara lain yang didominasi oleh peserta dari Latin Amerika, maka saya harus melewati serangkaian tes psikologi yang hasilnya menentukan bisa ke sana atau tidak. Maklum saja selama setengah tahun saya akan hidup dengan orang-orang yang secara budaya sangat berbeda dengan saya yang sedari kecil menganut budaya timur.

Apa yang saya alami di sana ternyata sangat jauh berbeda dengan yang saya bayangkan. Betapa saya terkaget-kaget, mendapati di semua negara bagian yang saya kunjungi selama di US, mereka justru menampilkan empati yang di indonesia bahkan saya tidak dapati.

Contoh kecil, seseorang akan menahan pintu untuk orang yang ada di belakanganya setelah dia berada di luar pintu kalau melihat ada orang yang akan keluar setelah dia di pintu tersebut.

Juga di bus gratisan yang setiap hari saya pakai, di hari bersalju yang sangat dingin, ketika saya tidak mendapat tempat duduk, seorang lelaki Amerika dengan cepat berdiri mempersilakan saya duduk.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.