Perubahan Ponsel Genggam Menjadi Penunjang Kehidupan di Kota Cimahi

Taman Alun-alun Kota Cimahi. Gambar merupakan arsip penulis
Taman Alun-alun Kota Cimahi. Gambar merupakan arsip penulis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Digitalisasi menjadi bentuk modernisasi yang paling menonjol di abad ke-21 ini. Digitalisasi ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam gaya hidup masyarakat modern. Bahkan digitalisasi ini pun tidak hanya terjadi masyarakat di kota besar, bahkan kota-kota kecil dan kabupaten-kabupaten pun sudah mengalami digitalisasi besar-besaran yang hampir terasakan oleh seluruh masyarakat yang ada, khususnya di Indonesia.

Pada kali ini, penulis akan menjelaskan digitalisasi yang terjadi di Cimahi juga perubahan dan penggunaan alat komunikasi digital yang ada menjadi alat penunjang kegiatan sehari-hari.

Sejatinya, Kota Cimahi merupakan kota otonom yang cukup berdekatan dengan pusat modernisasi di Jawa Barat, yaitu Kota Bandung. Sehingga, wajar saja jika Kota Cimahi cukup cepat menerima digitalisasi dan modernisasi, karena terpengaruh pergerakan digitalisasi Kota Bandung. Hal ini menyebabkan digitalisasi dan modernisasi di Kota Cimahi pun berkembang dengan sangat pesat. Apa saja tanda-tandanya?

Bisa ditarik logika, bahwasanya sebuah kota dikatakan modern jika sudah mulai bergerak dari kebiasaan tradisional menuju kebiasaan-kebiasaan yang sifatnya bergantung pada teknologi. Contoh mudahnya penggunaan ponsel cerdas. Seakan-akan ponsel cerdas tidak bisa jauh dari gaya hidup digital dan modern. Berdasarkan kebiasaan inilah, maka dari ponsel cerdas terus dinovasikan untuk menunjang kehidupan. Dari awalnya hanya untuk komunikasi, hingga sekarang sudah menjadi penunjang kehidupan.

Salah satu contoh perubahan alat komunikasi digital yang terlihat di Kota Cimahi adalah penggunaan sistem jual beli online yang cukup menggunakan ponsel cerdas.

Perubahan ini cukup signifikan dalam gaya hidup jual beli, karena baik penjual ataupun pembeli sama-sama menggunakan alat digital komunikasi ini untuk mengakses sistem komunikasi perdagangan pembelian ini. Untuk penjual bisa mengakses hasil-hasil dagang atau barang dagangan, sementara pembeli bisa mengakses menu-menu atau pilihan-pilihan barang dagangan.

Contoh yang paling mudah ditemui adalah cara berkomunikasi. Cara berkomunikasi di tahun 2022 ini sudah sangat jauh berbeda dengan cara berkomunikasi di tahun 2010, atau bahkan 2014.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.