Meningkatnya Risiko Politik Ekonomi Indonesia Jelang Meeting Presidensi G20

Ilustrasi Jokowi
Ilustrasi Jokowi
Sumber :
  • vstory

VIVA - Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Wendy Sherman, beberapa waktu lalu, berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. 

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price melalui keterangan tertulisnya mengatakan, dalam percakapan tersebut, Sherman mengutuk serangan Rusia yang direncanakan, tidak beralasan, dan tidak dibenarkan terhadap Ukraina.

Sikap Indonesia dan risikonya

Lihat grafik forecast suplai uang beredar Indonesia, tahun 2022 stagnan sampai dengan bulan Januari 2023 secara ekstrapolasi cenderung turun, kalau Sri Lanka gagal bayar, Pakistan, Turki hyper inflasi 54%,  tidak dapat dipungkiri peluang Indonesia bisa lepas dari jeratan?  Artinya risiko politik ekonomi Indonesia melonjak.  

Presiden Gotabaya Rajapaksa Sri Lanka default,  tidak bisa membayar utangnya, Lisrik padam,  BBM tidak tersedia,  Sri Lanka demo besar besaran.

Dahlan Iskan menulis,  Sri Lanka kini diibaratkan kapal yang sedang tenggelam. Sedang Pakistan sudah berusaha tetap mengapung. Sudah diputuskan: Sri Lanka tidak bisa membayar utang. Sabtu lalu. Terserah mau diapakan.

Perdagangan saham pun dihentikan. Seminggu dulu –entah bagaimana selanjutnya. Saham itu, kalau tidak disetop, pasti rontok.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.