Inovasi Pelayan Publik Bunga Tanjung

Bunga Tanjung, RSUD Tarakan Jakarta
Bunga Tanjung, RSUD Tarakan Jakarta
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seperti yang kita semua tahu bahwa perempuan dan anak menjadi dua kelompok yang rentan mengalami kekerasan baik psikis, fisik, seksual termasuk juga trafficking eksploitasi pada saat konflik sosial maupun pada saat kondisi darurat bencana.

Kita menyadari bahwa perlindungan perempuan dan anak merupakan tanggung jawab lintas sektoral yang melibatkan berbagi pihak.

Provinsi DKI Jakarta Pada tahun 2018 menempati urutan ke-2 tertinggi di Indonesia untuk jumlah kekerasan terhadap perempuan yaitu sebanyak 2.318 kasus, yang didominasi oleh korban dari jenis kekerasan KDRT (811 kasus) dan kekerasan seksual (761 kasus).

Komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mengambil peran dalam permasalahan di atas ditetapkan dalam Kebijakan Strategis Daerah ke-13 berupa Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak.

Maka dari itu komitmen dari Pemprov DKI Jakarta mengambil peran aktif melindungi dua kelompok rentan ini melalui regulasi, Perda Nomor 8 tahun 2011 tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindakan kekerasan yang berorientasi untuk mewujudkan pembangunan kota yang setara serta ramah perempuan dan anak.

Langkah konkret dari perwujudan Perda tersebut dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan DKI Jakarta yang dinilai sebagai Rumah Sakit pertama di Indonesia yang memberikan layanan khusus dan perlindungan kepada perempuan dan anak melalui layanan Bunga Tanjung.

Layanan Bunga Tanjung itu sendiri merupakan pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak dengan menggunakan seluruh sumber daya dan spesialisasi medis kedokteran yang komprehensif dan juga ini terintegrasi dengan unit P2TP2A dan dengan Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.