Agama, Sesuatu yang Indah tetapi Dibuat Buruk

Keragaman agama yang ada di Indonesia Source : https://retizen.republika.co.id/posts/15921/keanekaragaman-agama-di-indonesia
Keragaman agama yang ada di Indonesia Source : https://retizen.republika.co.id/posts/15921/keanekaragaman-agama-di-indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara yang d idalamnya terdapat berbagai macam keragaman, seperti agama, budaya, hingga suku bangsa. Di Indonesia sendiri terdapat 6 macam agama di antaranya Islam, Kristen Protestan, Katholik, Budha, Hindu, dan Konghucu.

Islam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Kemudian kedua yang paling banyak dianut adalah Kristen Protestan, yang ketiga Katholik, yang keempat Hindu, yang kelima Budha, dan yang terakhir adalah Konghucu.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada web dataIndonesia.id, jumlah penduduk muslim di Indonesia sebanyak 238,09 juta jiwa per 31 Desember 2021. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa kurang lebih 86,93 ?ri jumlah total masyarakat Indonesia merupakah pemeluk agama muslim.

Sebanyak 20,45 juta jiwa atau 7,47% memeluk agama Kristen Protestan. Kemudian agama Katholik sebanyak 8,43 juta jiwa atau 3,08%. Agama Hindu sebanyak 4,67 juta jiwa atau 1,71%. Umat Budha sebanyak 2,03 juta jiwa atau 0,74%. Yang terakhir agama Konghucu sebanyak 73,63 ribu jiwa atau 0,05%, dan sisanya menganut kepercayaan setempat.

Banyaknya kepercayaan yang ada di Indonesia merupakan salah satu keragaman yang bisa menambah keindahan yang ada di negeri ini. Akan tetapi keragaman kepercayaan yang ada di Indonesia juga bisa menyebabkan terjadinya hal-hal di luar sebuah keindahan. Di Indonesia sendiri perbedaan agama yang ada juga sering menimbulkan terjadinya kejadian-kejadian yang membuat citra sebuah agama yang penuh keindahan, kebaikan menjadi buruk, dan merugikan orang.

Salah satu kejadian yang merusak citra keindahan sebuah agama adalah konflik antar agama. Banyak sekali konflik pernah terjadi di Indonesia yang disebabkan oleh perbedaan agama yang ada. Di antaranya ada Konflik Ambon, konflik antar agama Islam dan Nasrani terjadi di Ambon pada tahun 1999. Konflik tersebut bermula dari peristiwa pemalakan kepada warga nasrani yang dilakukan oleh dua orang muslim. Kemudian konflik semakin memanas setelah banyak isu isu menyebar dan menyebabkan amarah kedua belah pihak semakin memanas. Akibat dari konflik ini menyebabkan 12 orang tewas dan ratusan orang luka-luka. Konflik Ambon kemudian bisa mereda setelah adanya rekonsiliasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Konflik karena adanya perbedaan agama selanjutnya ada Konflik di Lampung Selatan. Konflik agama di Lampung Selatan ini terjadi antara agama Islam dan Budha. Di Lampung Selatan terdapat dua desa yang bernama Desa Balinuraga yang mayoritas dihuni masyarakat bergama Budha, dan Desa Agom yang mayoritas dihuni masyarakat beragama Islam.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.