Yuk Simak! Keberlanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional 2022

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock
Sumber :
  • vstory

VIVA – Situasi pandemi di Indonesia belum berakhir. Belum ada pernyataan resmi mengenai kapan pandemi Covid-19 akan berakhir di Indonesia.

Melansir pernyataan Mohammad Syahril pada press conference via youtube Kementerian Kesehatan RI, Jumat (10/6/2022) dapat disimpulkan bahwa pascalebaran, terjadi beberapa kenaikan kasus Covid-19 dan ditemukan subvarian baru. Meskipun demikian, saat ini situasi pandemi masih terkendali dan mengharapkan agar masyarakat terus tenang serta waspada terhadap peningkatan kasus beberapa waktu terakhir.

Mengetahui bahwa situasi pandemi yang belum berakhir. Pemerintah terus melakukan serangkaian kegiatan untuk menopang kebutuhan hidup masyarakat Indonesia di era pandemi. Salah satu kegiatan yang dicetuskan pemerintah untuk menangani dampak perekonomian di tengah pandemi yang melanda ialah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program ini sejatinya muncul pertama kali sejak pandemi atau kasus Covid-19 sudah mulai ditemukan di Indonesia pada tahun 2020.

Pada saat itu, wabah tersebut menyebabkan krisis serangkaian kegiatan di berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, pendidikan, dan lainnya. Aspek pendidikan terdampak oleh pandemi yang menyebabkan munculnya model pembelajaran jarak jauh.

Aspek sosial berdampak dengan terbatasnya pertemuan antarmasyarakat secara langsung. Meningkatnya belanja yang dilakukan secara daring, pemutusan hubungan kerja sehingga tingkat kemiskinan bertambah merupakan beberapa dampak aspek ekonomi saat pandemi.

Selain itu, munculnya berbagai kasus positif Covid-19 berdampak pada turunnya penyerapan tenaga kerja sehingga aktivitas ekonomi berhenti. Kinerja ekonomi yang menurun menyebabkan beberapa masalah seperti konsumsi terganggu, investasi terhambat, dan terkontraksinya ekspor-impor. Atas adanya kondisi tersebut, aspek keuangan pun ikut terdampak.

Dengan demikian, untuk menanggapi kondisi tersebut perlu adanya langkah tepat yang diambil oleh pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi nasional Indonesia dengan dibentuknya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.