Semangat Gotong Royong Pemuda dalam Pengembangan Geopark Indonesia

Peserta Kampanye GNRM di Wilayah Batur UNESCO Global Geopark Bali
Peserta Kampanye GNRM di Wilayah Batur UNESCO Global Geopark Bali
Sumber :
  • vstory

VIVA – Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dilancarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sejak Desember 2016 melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Revolusi Mental merupakan Gerakan untuk mengubah cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia, yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, gotong royong, berlandaskan Pancasila sehingga bangsa Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Gerakan ini juga dikampanyekan melalui berbagai kegiatan termasuk melalui berbagai program edukasi di perguruan tinggi. Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie bekerjasama dengan Indonesia Geopark Youth Forum (IGYF) pernah mengadakan kegiatan untuk mengkonsolidasikan peran pemuda dalam pengembangan geopark. 

Gerakan Nasional Revolusi Mental

Nilai gotong royong yang disebutkan dalam Kampanye GNRM menimbulkan minat untuk menelusurinya pada generasi muda. Gotong royong adalah manifestasi modal sosial khas Indonesia. Di masa-sebelum-internet, nilai-nilai ini hidup dan berakar di masyarakat; seperti misalnya pada acara-acara adat dan keperluan masyarakat, bahkan pada proses membangun rumah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong mempunyai arti bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu) di antara anggota-anggota suatu komunitas. Gotong royong merupakan adat istiadat tolong-menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial.

Semangat gotong royong sebagai identitas bangsa perlu diwariskan kepada Generasi Muda di Era Digital. Namun, bagaimana caranya?

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.