Pentingnya Menjaga Rantai Pasok di Masa Pasca Pandemi

Penggilingan padi lokal upaya menjaga ketersediaan pangan nasional
Penggilingan padi lokal upaya menjaga ketersediaan pangan nasional
Sumber :
  • vstory

VIVA – Guncangan krisis ekonomi akibat pandemi beberapa waktu lalu begitu terasa hingga saat ini. Pandemi yang melanda hampir di seluruh dunia tersebut banyak sekali berpengaruh terhadap sektor-sektor ekonomi yang mengakibatkan krisis di berbagai negara.

Operasional sektor-sektor usaha seakan terhenti beberapa lama, dari mengurangi kapasitas dan volume produksi supaya menjaga harga tetap stabil, karena kurangnya daya beli masyarakat sampai harus terpaksa melakukan penutupan usaha sementara dan merumahkan karyawannya, atau bahkan menutup usaha secara permanen.

Di sektor produksi pertanian pun secara tidak langsung juga terdampak akibat pandemi saat itu, usaha pertanian yang juga sangat tergantung kepada sumberdaya manusia menjadi terhambat, beberapa komoditas unggulan di beberapa daerah seperti tanaman hortikultura menjadi terbengkalai karena kurangnya permintaan.

Begitu pula di sektor usaha pariwisata, ketika hampir tidak adalagi pengunjung wisata memasuki wilayah atau negara, maka yang terjadi adalah pelambatan di sektor usaha akomodasi, transportasi, dan jasa lainnya, bahkan sektor pendukung pun juga ikut ikutan terdampak seperti sektor industri khususnya kerajinan dan sebagainya.

Pada masa pandemi lalu banyak pelaku usaha berspekulasi bahwa pandemi akan berlangsung paling tidak lima tahun, sehingga sudah barang tentu stok atau persedian barang produksi dikurangi untuk menghemat biaya, namun yang terjadi pandemi telah selesai di tahun ke dua sehingga ketidaksiapan terhadap ketersediaan barang menjadi salah satu penyebab naiknya harga-harga barang di pasar. 

Pasca Pandemi

Di masa pasca pandemi ini guncangan tersebut semakin terasa ketika mobilitas masyarakat sudah kembali normal, akibatnya tentu saja permintaan (demand) kebutuhan masyarakat meningkat tajam, baik kebutuhan pokok maupun yang lain,  tingkat konsumsi berbagai komoditas hampir kembali seperti sebelum pandemi.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.