Banyak Hal yang Didapat karena Menulis

Konsep
Konsep
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam kehidupan, kegiatan seputar menulis menjadi salah satu kebudayaan yang sangat berumur di peradaban kita. Menulis adalah cara manusia mempresentasikan apa yang menjadi bahasa fisik atau verbal kita, melalui keagungan kata kerja menulis inilah, sejarah panjang kehidupan kita mampu ditelusuri bahkan sampai saat ini.

Menulis yang menjadi kegiatan umum hari ini yang menjadi bagian penting dari sebuah perjalanan kehidupan manusia, pembahasan tentang apa dan bagaimana relevansi tulisan dan kehidupan ini bahkan selalu hadir di berbagai segmentasi yang tersedia di antara kita.

Secara lebih jauh, bagi saya yang sedang belajar tentang menulis, menulis juga merupakan satu buah konsep baku dalam mendinamisasi gaya komunikasi manusia, melalui menulis ini manusia mampu berkembang dalam mewujudkan keselarasan kehidupan bersama.

Sebab melalui menulis, keterbatasan yang dimiliki kita dalam berkomunikasi atau berinteraksi misalnya mampu dipenuhi secara langsung, misalnya tentang ruang dan waktu, menulis akan menemui relevansinya dalam menyampaikan suatu bahasa dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun.

Menulis juga mampu menggantikan berbagai ekspresi zahir maupun batin yang dikemas dengan seni yang mengindahkan. Lebih sering justru melalui menulis ini juga keterbatasan yang mampu diwakili oleh ekspresi kita, pada akhirnya mampu terpenuhi, menjadi bagian dari diri kita, siapapun mampu menulis, dengan caranya masing-masing.

Memahami Kemampuan Diri

Dalam menulis, kita dituntut mengalami berbagai hal yang akan menjadi bahan kita, berbagai hal yang kita dapati dalam keseharian kita, yang akan menjadi buah benang merah ketersinggungan antara apa yang kita alami dan apa yang hendak kita berikan pada selain diri kita.

Menulis akan mampu dilakukan dengan kita menelisik ke dalam diri kita, sejauh mana yang kita mampu, meneropong dengan berbagai sudut pandang yang memungkinkan memberikan kita ke lebih banyak akses tentang kemampuan yang kita miliki guna memaknai berbagai hal yang menerpa diri.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.