Vitalnya Ketersediaan Transportasi pada Rantai Pasok Bahan Pangan

Proses Pengiriman Barang Dengan Kapal Laut. Sumber: pexels.com
Proses Pengiriman Barang Dengan Kapal Laut. Sumber: pexels.com
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Per April 2022 lalu, pemerintah melalui PT Pertamina selaku perusahaan BUMN menaikkan harga BBM non subsidi. Kenaikan harga BBM ini memicu demo penolakan di berbagai tempat. Mengapa naiknya harga BBM membuat tensi kenegaraan menjadi memanas?

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kebutuhan manusia modern adalah mobilitas. Mobilitas sendiri memerlukan suatu alat bernama moda transportasi, tak hanya manusia, namun juga barang.

{{photo_id:1343758}}

Bagi manusia, transportasi merupakan proses perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain, bisa dari rumah ke tempat kerja, dari rumah ke pasar, atau sebaliknya. Sedangkan bagi barang, transportasi merupakan proses pemindahan barang dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini, transportasi masuk dalam tahapan distribusi.

Transportasi merupakan elemen penting pada tahap distribusi barang terutama pada bahan kebutuhan sehari-hari, terlebih kebutuhan pangan manusia.

Transportasi berperan sangat penting karena sangat jarang suatu wilayah dapat memproduksi dan mengkonsumsi barang yang sama, sehingga kedudukan transportasi dalam pendistribusian barang diposisikan sebagai elemen vital.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Maju II, dalam diskusi virtual yang bertemakan “Transportasi untuk Kelancaran Logistik dan Kemajuan Ekonomi di Masa Pandemi” menyatakan bahwa transportasi logistik adalah darah dari semua kegiatan manusia Indonesia dan menjadi lokomotif serta penopang bagi sektor lainnya untuk terus bergerak. Kalimat ini sangatlah relevan karena logistik atau bahan pangan merupakan suatu kebutuhan bagi manusia. Tanpa adanya makanan, manusia tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.