Mencermati RUU Sisdiknas Baru

ilustrasi pendidikan
ilustrasi pendidikan
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Pendidikan sebagai salah sektor penting dalam kehidupan selalu terlibat secara langsung terhadap jalannya kehidupan. Kehidupan bakal berjalan dengan baik dan terarah karena adanya pendidikan.

Dalam menjalani kehidupan, pendidikan menjadi faktor yang memberi pengaruh ke mana arah kemajuan peradaban manusia, semakin baik pendidikan, semakin baik pula tata kehidupan manusia. Pendidikan menjadi sarana manusia menggali berbagai potensi yang ada dalam diri manusia untuk kemudian dikembangkan dan diimplementasikan dalam menjalani kehidupan.

Kita tidak bisa bayangkan bagaimana peradaban manusia bakal berjalan jika tidak ada pendidikan, carut marut kehidupan bakal tercipta, kehidupan manusia bakal menghadapi kehancuran moral dan niretika.

Wajah Pendidikan dalam Kehidupan

Dilihat dari betapa pentingnya pendidikan, hal ini memberi arti bahwa penyelenggaraan pendidikan harus disertai dengan aturan tata kelola yang baik pula, karena sulit dimungkinkan terciptanya pendidikan yang baik, apabila tata kelola penyelenggaraan pendidikan belum diatur sedemikian baik pula, tujuan utama pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa juga bakal sukar dicapai apabila penyelenggaraan pendidikan kita belum diatur dengan sistematis. Peran kebijakan para stakeholder maupun pemerintah sangat besar agar penyelenggaraan pendidikan kita mampu memantik atmosfer pendidikan Indonesia yang mendukung sepenuhnya peningkatan kualitas sumber daya kita.

Di Indonesia, kebijakan seputar pendidikan sudah ada dan berlangsung sejak lama, peran pemerintah dalam mengatur keberlangsungan pelaksanaan dan penyelenggaraan pendidikan melalui Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas) adalah salah satu bukti produk hukum yang bisa kita nilai dan rasakan.

Perhatian pendidikan semakin ditekankan dengan optimalisasi mekanisme pendidikan itu sendiri. Melalui berbagai kebijakan dan aturan turunan dari UU Sisdiknas, raut pendidikan kita semakin nampak nyata ke permukaan. Kehidupan berbangsa dan bernegara kita selalu dan akan mendapat implikasi atas sejauh mana keseriusan penyelenggaraan pendidikan ini.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.