Gerakan Cinta Budaya, Memakai Udeng Pacul Gowang

Udeng pacul gowang khas Sidoarjo
Udeng pacul gowang khas Sidoarjo
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendukung gerakan cinta budaya melalui pembuatan udeng pacul gowang yang menjadi ciri khas daerah setempat. Bahkan, beberapa bulan sebelumnya, mewajibkan seluruh PNS Sidoarjo untuk mengenakan udang pacul gowang bagi pria setiap hari Rabu dan mengenakan selendang batik khas Sidoarjo bagi kaum wanita.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan udeng pacul gowang menjadi salah satu identitas budaya Kabupaten Sidoarjo.
Menurut dia, budaya Sidoarjo seperti ini harus terus dilestarikan salah satunya dengan mengenalkannya langsung kepada generasi muda.

"Tidak ada ceritanya bangsa itu kuat kalau tidak menghidupi apa yang menjadi identitasnya," katanya.

Ia mengatakan mempertahankan kelestarian budaya di tengah gempuran globalisasi dan digitalisasi saat ini menjadi tantangan yang cukup berat.

"Dengan kekayaan budaya yang kita miliki, jati diri Sidoarjo tidak akan mudah diterpa oleh apapun, termasuk digitalisasi saat ini," ucapnya.

Ke depan Gus Muhdlor berencana lebih mengenalkan ikon Sidoarjo lewat pembangunan, salah satunya melalui model tiang PJU yang berbentuk udang dan bandeng.

Kabupaten Sidoarjo mempunyai blangkon atau ikat kepala yang khas. Namanya adalah Udeng Pacul Gowang, penutup kepala dengan ciri khas ada lubang di atas, dilengkapi variasi di bagian belakang berupa dua lipatan yang berdiri seperti Pacul Gowang atau cangkul yang sudah gupil.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.