Era Transparansi Anggaran Belanja Kementerian dan Lembaga

Menteri Keuangan Sri Mulyani  (Foto/VIVA)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto/VIVA)
Sumber :
  • vstory

VIVA - Pembayaran secara tunai di era teknologi digital yang pesat kerap dianggap sudah ketinggalan zaman. Metode pembayaran non tunai kini juga diadaptasi oleh pemerintah lewat penggunaan Kartu Kredit Pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, teknologi digital telah membuat transformasi tata kelola keuangan negara berubah drastis.

Lewat Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), alokasi anggaran belanja untuk seluruh satuan kerja di kementerian/lembaga pemerintah kini tak lagi dilakukan secara tradisional atau disalurkan secara tunai atau cash.

Belanja online

Dengan adanya e-catalog maka belanja kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian sudah belanja online, artinya barang apa, berapa harganya sudah masuk e-catalog belanja pemerintah.

Mirip shopee atau Tokopedia, misal mau beli seragam BKKBN sudah tidak perlu PO atau purchase order.

Vendor tidak perlu tender, pokoknya barang tersebut berapa harganya tercantum di website tinggal klik.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.