Menelusuri Gaya Kepemimpinan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sumber: instagram.com/aniesbaswedan
Sumber: instagram.com/aniesbaswedan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada tahun 2019 hingga 2022 kursi kepemimpinan DKI Jakarta dipimpin oleh seorang Gubernur bernama Anies Baswedan. Pada kepemimpinan Anies Baswedan banyak masyarakat yang menyukai dengan gaya kepemimpinannya, mulai dari pengembangan kolaborasi antar pihak, digitalisasi pengelolaan pemerintahan, sampai dengan pengambilan keputusan yang demokratis.

Sosok Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut disukai oleh kalangan kaum muda hingga emak-emak di Jakarta karena kagum dengan hasil kinerja Anies Baswedan, kekaguman tersebut dapat dilihat dari kinerja yang sudah dihasilkan sehingga kinerja yang sudah diberikan membuat masyarakat DKI Jakarta merasa kagum.

Tipe dan Gaya Kepemimpinan

Anies Baswedan sendiri menggunakan tipe kepemimpinan berupa tipe kepemimpinan demokratis. Tipe kepemimpinan demokratis ini mengarah pada bagaimana mereka dapat melakukan penerimaan dan melakukan kesadaran bahwa pendapat bawahan ataupun masyarakat itu diperlukan untuk berjalannya kepemimpinan yang baik dan benar. Sebagai seorang gubernur Anies Baswedan tentu menerapkan tipe kepemimpinan demokratis dengan menerima berbagai saran dari masyarakat ataupun bahkan komentar dari masyarakat.

Dalam hal ini bentuk demokratis itu dapat dilihat ketika bagaimana masyarakat Jakarta banyak mengeluh tentang banjir yang terus terjadi, pada akhirnya Anies Baswedan melakukan evaluasi untuk menerapkan berbagai pembangunan saluran air ataupun melakukan kebijakan-kebijakan yang setidaknya bisa mengurangi banjir di DKI Jakarta tersebut.

Untuk gaya kepemimpinan, dapat dilihat bahwa sejatinya Anies Baswedan ini menggunakan demokratis juga, di mana kepemimpinan berdasarkan pada bagaimana kebijakan ataupun keputusan memimpin itu dilakukan dengan persetujuan bawahan ataupun masyarakat. Dalam hal ini berupa kebijakan Anies Baswedan yang berdasarkan pada perwujudan dari keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan, misalnya dalam mengatasi kemacetan ataupun berbagai hal lainnya yang tujuannya adalah memenuhi permintaan masyarakat untuk mengatasi isu yang beredar di masyarakat tersebut.

Kepemimpinan dalam Kolaborasi

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.