Tahun 2023, Optimis atau Pesimis?

Sumber : pexels.com
Sumber : pexels.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahun baru selalu diiringi dengan gemerlapnya kembang api dan suara terompet yang membahana di seluruh penjuru. Seantero dunia seolah merayakan pergantian tahun dan menjadi pesta bagi semua umat manusia. Tanpa terkecuali, semuanya bersorak menyambut pergantian tahun.

Tahun baru yang dirayakan ini merupakan tahun baru berdasarkan kalender romawi. Menurut penanggalannya, pergantian tahun adalah peralihan dari Bulan Desember ke Bulan Januari. Bulan Januari sendiri diambil dari Kata “Janus” yang merupakan nama salah satu dewa dalam mitologi romawi. Janus merupakan dewa pintu atau dewa gerbang yang memiliki dua wajah, satu menghadap ke depan dan lainnya menghadap ke belakang. Mitologi Dewa Janus inilah yang melatarbelakangi pemberian nama Januari pada awal bulan setiap tahunnya.

Dua wajah yang dapat melihat ke depan dan ke belakang, memberi makna bahwa tahun baru (Bulan Januari) identik dengan refleksi dan resolusi. Refleksi untuk tahun yang sudah berlalu, dan resolusi untuk tahun yang akan datang. Refleksi dan resolusi inilah seakan menjadi tradisi setiap insan manusia di awal tahun.

Tahun 2022 merupakan tahun yang berat bagi sebagian orang namun menjadi tahun penuh keberuntungan bagi lainnya, baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Seperti yang telah kita ketahui, tahun 2022 menjadi tahun di mana pandemi Covid-19 seolah tidak lagi menjadi momok menakutkan. Berbeda dengan tahun 2020 dan 2021, pemakaian masker, hand-sanitizier, dan jaga jarak ketiganya seolah menjadi sesuatu hal wajib dibawa dan dipatuhi, namun di tahun 2022 semua itu perlahan ditinggalkan. Hal itu menjadi signal bahwa covid-19 bukanlah sosok yang ditakuti.

Tahun 2022 menjadi tahun transisi bagi pemulihan dunia yang sempat anjlok akibat covid-19.

Ada banyak peristiwa besar yang terjadi di 2022, mulai dari dilaksanakannya Konferensi G20 di Nusa Dua Bali, Tragedi Kanjuruhan, Gempa Bumi Cianjur, dan peristiwa lainnya yang mencuri perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Tak bisa dipungkiri tahun 2022 merupakan tahun yang berat bagi Indonesia maupun dunia. Konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina menjadi isu sentral yang sampai saat ini masih terus berlanjut. Seolah keduanya merupakan musuh bebuyutan yang tak mungkin lagi bersatu.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna ecetemelkuran.com yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.